Your cart

Your cart is empty

PENTINGNYA VITAMIN C DAN VITAMIN D UNTUK KESEHATAN

PENTINGNYA VITAMIN C DAN VITAMIN D UNTUK KESEHATAN

Pagi hingga siang hari langit begitu terik. Siapa sangka dalam waktu singkat berubah mendung lalu turun hujan lebat disertai angin kencang. Perubahan cuaca ekstrim sering terjadi belakangan ini. Hal ini dapat membuat tubuh lebih rentan sakit. Supaya tubuh selalu dalam kondisi fit, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dan vitamin D. Mengapa dua jenis vitamin ini menjadi penting? Apa manfaatnya bagi daya tahan tubuh kita? Mari kita bahas lebih jauh!

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. Vitamin C juga berperan dalam proses produksi kolagen untuk perbaikan & pertumbuhan jaringan tulang, gigi, serta kulit. Selain itu, vitamin C juga berfungsi menjaga daya tahan tubuh.  Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terkena infeksi dan penyakit scurvy yaitu kerusakan jaringan tubuh yang memiliki gejala awal sariawan serta kelelahan pada tubuh.

Vitamin D dapat diperoleh dari makanan atau diproduksi oleh tubuh ketika tubuh cukup terpapar sinar matahari. Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium untuk tulang dan menjaga fungsi otot. Selain itu, vitamin D juga meningkatkan kerja dari sistem imun untuk daya tahan tubuh.  Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada tulang & otot serta membuat tubuh lebih rentan terkena infeksi.  

Nah, setelah tahu pentingnya fungsi kedua vitamin ini, tentunya penting untuk memenuhi kebutuhan harian Vitamin C dan D. Bagaimana caranya? Vitamin C bisa diperoleh dari buah dan sayur, seperti:  jeruk, lemon, tomat, semangka, kubis, brokoli. Vitamin D terkandung di dalam ikan, susu, dan kuning telur. Nutrisari juga mengandung 100% AKG vitamin C & tinggi vitamin D  lho! Nutrisari hadir dengan berbagai varian rasa yang menarik, seperti sweet mango, jeruk maroko, markisa, semangka, milky orange, nanas, es cincau, dan cocopandan. Semua varian tersebut dijamin nikmat dan juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin C & D harian! 

 

Referensi:

  • Aranow C. 2011.  Vitamin D and the immune system. Journal of Investigate Medicine 59(6):881-6
  • Carr AC, Maggini S. 2017. Vitamin C and Immune Function. Nutrients 9(11):1211.
  • Crosta, Peter. 2017. “Everything you need to know about scurvy”. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155758 , Diakses pada 07 Febuari 2021.
  • Gironés-Vilaplana, A., Villaño, D., Marhuenda, J., Moreno, D. A., & García-Viguera, C. 2017. Vitamins. Nutraceutical and Functional Food Components, 159–201.
  • NIH US National Library of Medicine Medline Plus. 2017. “Vitamins C
  • World Health Organization. 2005. Vitamin and mineral requirements in human nutrition
Previous post
Next post
Back to Nutriblog