Your cart

Your cart is empty

RAHASIA KONTROL GULA DARAH UNTUK DIABETESI

RAHASIA KONTROL GULA DARAH UNTUK DIABETESI

Menjaga kontrol gula darah dengan baik pada penderita diabetes sangat penting. Kontrol gula darah yang baik pada penderita diabetes tidak hanya diperlukan untuk mencegah komplikasi berbahaya, namun juga penting untuk kualitas hidup yang lebih baik. Agar gula darah diabetesi dapat terkontrol dengan baik, dibutuhkan penanganan menyeluruh baik dari pola hidup sehat hingga penanganan medis yang tepat. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kontol gula darah diabetesi?

 

Kontrol berat badan

Masalah berat badan berkaitan erat dengan kondisi diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan tidak hanya meningkatkan risiko diabetes, namun juga memengaruhi kontrol gula darah diabetesi. Untuk itu, penting bagi penderita diabetes dengan berat badan berlebih agar dapat menurunkan berat badan guna mendapatkan banyak manfaat kesehatan dan menekan risiko komplikasi diabetes.

 

Bahkan, penurunan berat badan yang relatif kecil sudah terbukti bisa memberikan manfaat kesehatan termasuk untuk diabetesi. Data pada International Journal of Clinical Practice menunjukkan bahwa penurunan berat badan sebesar 5% dari berat badan awal sudah dapat memberikan efek positif terhadap kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Tidak hanya itu, penurunan berat badan pada diabetesi juga berkaitan dengan perbaikan tingkat kebugaran, penurunan risiko penyakit jantung, peningkatan kualitas tidur, serta penurunan penggunaan obat diabetes dan darah tinggi.

 

Kontrol aktivitas fisik

Aktivitas fisik diketahui memiliki efek positif terhadap metabolisme karbohidrat di dalam tubuh dan perbaikan sensitivitas hormon insulin (hormon yang terlibat dalam pengaturan kadar gula darah). American Diabetes Association menyatakan bahwa aktif bergerak dan rutin berolahraga bermanfaat dalam memperbaiki kontrol kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, serta membantu penurunan berat badan pada penderita diabetes.

 

Agar rutinitas olahraga dapat dilakukan secara kontinu, pilih jenis olahraga yang disukai. Beberapa jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan misalnya berjalan, bersepeda, senam, dan berenang yang dikombinasikan dengan latihan peragangan dan latihan beban.

 

Tips bagi diabetesi saat berolahraga: lakukan pemanasan dan peregangan sebelum mulai berolahraga, periksa kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga, pastikan untuk menggunakan alas kaki yang tepat guna mengurangi risiko luka, serta pastikan cukup minum selama dan sesudah berolahraga.

 

Kontrol gula darah dan konsumsi obat

Rutin memantau gula darah penting untuk mengetahui seberapa terkontrolnya kondisi diabetes. Jika kadar gula darah seringkali tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter karena penyesuaian pola makan atau konsumsi obat mungkin diperlukan dalam penanganan kondisi diabetes. Karena kondisi diabetes dapat saling berbeda, sebagian diabetesi juga akan perlu mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter untuk mengontrol kondisi diabetesnya.

 

Kontrol pola makan

Pola makan sehat merupakan bagian yang sangat penting dalam penanganan diabetes. Pola makan teratur dengan pemilihan jenis makanan yang tepat dan jumlah yang sesuai perlu dilakukan. Diabetesi disarankan untuk memperbanyak konsumsi bijian utuh, buah, dan sayur. Selain itu, menjaga asupan kalori sesuai kebutuhan serta membatasi asupan gula, garam, dan lemak harian juga harus dilakukan sebagai bagian pola makan sehat setiap hari.

 

Dan untuk mendukung pola hidup sehat guna menjaga kontrol gula darah diabetesi, Tropicana Slim Sweetener hadir sebagai pilihan rasa manis yang lebih sehat. Tropicana Slim Sweetener Diabtx juga sudah dilengkapi dengan mineral alami kromium yang berperan dalam mendukung kerja hormon insulin di dalam tubuh sehingga dapat bermanfaat dalam kontrol gula darah diabetesi. Bebas gula dan mengandung 0 Kalori, Tropicana Slim Diabtx merupakan pilihan rasa manis yang paling cocok untuk diabetesi.

 

References:

  1. National Diabetes Education Program
  2. International Journal of Clinical Practice (2014) 68 (6): 682–691
  3. Diabetes Care (2015) 38:1161–1172
  4. Diabetes Care (2004) 27 (S1): S58-S62
  5. American Diabetes Association
  6. National Institute of Health: National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases(NIDDK)
Previous post
Next post
Back to Nutriblog